Press "Enter" to skip to content

47 Calon Polisi Digembleng di Polres Solok Kota , IPTU Jufrinaldi: Menjadi Polisi yang Baik Adalah Pilihan

SOLOK KOTA –    Sebanyak 47 orang calon polisi yang merupakan siswa SPN (Sekolah Kepolisian Negara) Padang Besi Polda Sumatera Barat, dibina dan digembleng di Polres Solok Kota, dalam rangka pelaksanaan latihan kerja (Latja).

Kasat Intelkam Polres Solok Kota IPTU Jufrinaldi, SH, yang saat saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa siang, 14 Juni 2022, tengah memberikan pengarahan kepada para peserta didik, mengatakan bahwa ada tiga tugas fungsi utama pada satuan Intelkam yakni Penggalangan, Pengamanan, serta Penyelidikan (Lidik).

Untuk tahap latihan kerja ini, disebutkannya, lebih menekankan pada fungsi Penggalangan, yang tujuannya untuk membina para peserta didik dalam membangun jaringan komunikasi dan hubungan yang baik dengan lapisan masyarakat, yang hakekatnya untuk mendukung tugas pokok dan fungsi Polri, dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Untuk membekali dan melatih para peserta latihan kerja dalam fungsi penggalang, kita akan membawa mereka untuk menemui dan membangun komunikasi serta silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, adat, serta Bundo kanduang dan unsur lainnya, ” tutur Kasat Intelkam.

Disebutkan IPTU Jufrinaldi, adapun latihan kerja ini bertujuan untuk membentuk calon Brigadir Polisi yang mahir dan terampil. Selain itu juga bertujuan untuk melatih dan mengaplikasikan semua materi yang telah didapat selama pendidikan, untuk kemudian kemudian direalisasikan dalam bentuk praktik langsung.

Kepada para peserta, ditekankannya  agar dapat mengikuti pelatihan kerja tersebut dengan baik, serta menghindari pelanggaran sekecil apapun, yang dapat mempengaruhi dan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Selain itu, dijelaskan Kasat Intelkam Polres Solok Kota IPTU Jufrinaldi, 47 orang peserta Latsar itu dibagi pada lima (5) fungsi Kepolisian yakni Sat Intelkam, Sat Lantas, Sat Reskrim , Sat Shabara dan Sat Binmas.

“Saat ini, pelaksanaan Latja 47 orang siswa SPN Padang Besi Polda Sumbar di Polres Solok Kota sudah memasuki minggu kedua. Mereka dijadwalkan mengikuti kegiatan pelatihan ini selama satu bulan penuh atau 30 hari, terhitung sejak 2 Juni hingga 2 Juli 2022 mendatang. Pelaksanaan praktek lapangan ini juga bertujuan agar para siswa dapat merasakan langsung bagaimana atmosfer tugas kepolisian di lapangan, ” pungkas Kasat Intelkam

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.