Press "Enter" to skip to content

Kenang Jasa Para Pahlawan, Apa Yang Telah Kita Korbankan Untuk Bangsa Dan Negara Ini?

Dalam suasana hening dan hikmat, Kapolres Solok Kota memimpin upacara renungan suci kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Taman Makam Pahlawan Mutiara Bangsa, Laing Kota Solok, Sabtu dini hari (17/8) pukul 00.00 WIB.

Upacara ini dihadiri oleh dihadiri oleh Walikota Solok Zul Elfian, Wakil Walikota Solok Reinier, Wakil Ketua sementara DPRD  Efriyon Coneng, Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto, Forkopimda Kota Solok, Anggota DPRD Kota Solok, Kepala OPD, serta pasukan TNI, Polri dan Pramuka Kwarcab Solok.

Setelah memimpin penghormatan kepada arwah pahlawan, dalam keadaan lampu dipadamkan dan diterangi oleh 2 cahaya obor yang dipegang oleh adik-adik pramuka kwarcab solok, Kapolres atas nama yang hadir dalam upacara membacakan narasi apel kehormatan dan renungan suci yaitu “Kami yang hadir pada hari ini, Sabtu tanggal 17 Agustus 2019 pukul 00.00 WIB. Pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan. Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Dan dalam kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya.”

Selanjutnya, agar upacara yang digelar setiap tahun memperingati hari kemerdekaan ini tidak hanya sekedar rutinitas tanpa makna, Kapolres mengajak peserta upacara untuk mengeningkan cipta dengan diawali narasi “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, mari kita mengeningkan cipta sejenak, bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan, mengenang jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa, seraya mendoakan dan bertekad untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan”.

Kemudian acara dilanjutkan dengan peletakkan karangan bunga di tugu pahlawan sebagai bentuk penghormatan terhadap pengabdian, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan demi masyarakat, bangsa dan negara, oleh Kapolres Solok Kota.

Semoga makna yang sangat mendalam dalam upacara malam ini menjadi penyemangat bagi kita komponen bangsa untuk bisa mengambil pelajaran dari pengorbanan para pahlawan. Mereka sudah mengorbankan jiwa dan raganya untuk bangsa ini. Kini giliran kita, apa cukup hanya dengan mengenang jasa mereka ? Mampukah kita berkorban seperti mereka ? apa yang telah kita korbankan untuk bangsa dan negara ini ?“, ujar Kapolres Solok Kota. Ys.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *